Toyota Starlet adalah salah satu mobil yang paling diinginkan anak muda Indonesia di tahun 1990-an. Nah, bagaimana dengan Starlet keluaran awal berciri khas bodi berbentuk botol coke? Pastinya di Indonesia banyak yang tidak familiar dengan tipe ini karena Starlet keluaran awal, umum beredar hanya di Jepang (JDM). Namun, legenda tetaplah legenda, walaupun Starlet keluaran awal sulit ditemukan di Indonesia, tetap saja legendanya terdengar. Mengapa bisa menjadi legenda?

Toyota sama halnya seperti produsen otomotif jepang lainnya di era 60-an dan 70-an, sarana yang gencar digunakan (selain iklan TV) untuk mempromosikan produk baru adalah dengan mengikuti event balap mobil, mulai dari event tingkat nasional hingga event tingkat internasional. Event ini yang diingat para penggemar, menjadikan mobil-mobil yang ikut dalam event tersebut (lebih-lebih mobil pemenang) mempunyai kedudukan tertentu di ingatan penyukanya. Melegenda.

Mobil yang dibuat miniatur modelnya oleh Rêve Collection (konon satu grup dengan Spark) ini, merepresentasikan mobil yang menang di event balap ketahanan mobil Fuji Victory. Miniatur berskala 1/43 ini menunjukkan kualitas produksi yang yahud; mulai dari detail lekuk bodi mobil dan wide body jelas terlihat, aksesoris eksterior lengkap (seperti pin kap mobil, pin tutup bagasi, spion, mesh lubang saringan udara di tempat yg seharusnya diisi lampu, dagu bemper depan 90°, sayap kecil di atas tutup bagasi, tutup tangki bensin, karet penutup lubang wiper, serta velg klasik dengan ban bertuliskan Dunlop di dinding ban {yang jarak antara ban dengan spakbor terlihat setting-an a la 1970-an}), cat warna merah flat tipis merata, decal sponsor yang menempel rapih, detail interior yang sudah dipreteli (khas mobil balap), dan tidak lupa rollbar berwarna kontras. Sangat mengasyikan untuk dilihat dan dipandang dari pelbagai sudut. Kualitas yang nyaris tanpa cela dilengkapi dengan kemasan akrilik berdasar warna putih dan penutup berbahan karton warna putih mengkilap makin mengesankan sebuah produk eksklusif.

Satu rilisan yang layak dikoleksi pencinta miniatur model mobil Toyota atau pencinta miniatur model mobil Jepang lainnya yang mencerminkan era kebangkitan balapan mobil Jepang di era yang ditandai munculnya Toyota Starlet, Datsun 510, Nissan Hakosuka, Mazda RX3, dan Honda Civic yang sejak 1970-an merajai event balap mobil.