image-slider
image-slider
image-slider
image-slider
image-slider

Ixo 1/43 Mercedez Benz 190E Aryton Senna Nürburgring Anniversary Winner 1984, DTM di awal 90-an menjadi ajang balapan yang diingat sebagai salah satu balapan paling panas yang pernah ada, mobil-mobil produksi massal dimodif dengan suspensi rendah, velg besar, mesin bertenaga lebih besar 30 tenaga kuda dari mesin aslinya, dan tidak lupa benturan sering terjadi saat balapan berlangsung di atas aspal trek sirkuit Jerman yang sempit. Mobil yang menguasai era itu adalah Mercedes Benz 190E.

Enam tahun sebelum era 190E Evo mendominasi DTM, sebuah acara digelar di Sirkuit Nürburgring yang telah selesai direnovasi menjadi lebih kecil itu. Acara semacam pembukaan kembali dimeriahkan oleh balapan satu merk (one make race) menggunakan Mercedes Benz 190E yang dimodifikasi dan dipiloti oleh pembalap F1 atau mantan pembalap F1. Pemenangnya sangat di luar dugaan, di antara pembalap F1 legendaris dan yang masih berkompetisi di masa itu (James Hunt, Niki Lauda, Alain Prost, Stirling Moss, John Surtees, Keke Rosberg, dll) yang mengikuti balapan tersebut, pemenang balapan malahan seorang pendatang baru di F1, Aryton Senna.

Ixo mengabadikan peristiwa bersejarah Aryton Senna tersebut dengan membuat model car berukuran skala 1/43. Mobil produksi massal yg standar dan formal, berganti rupa menjadi mobil balap yang garang dan memapak aspal sirkuit dengan tambahan jok khusus balapan lengkap dengan sabuk pengaman, roll cage, dan tinggi mobil yg lebih rendah dari orisinilnya, semua terlihat di model ini. Detail cat, lampu, spion, anti embun (defogger) di kaca belakang terlihat nyata. Body line, ketebalan cat, decal, terlihat proporsional. Dilihat dari produk ini, kontrol kualitas Ixo berjalan baik. Terlihat sekali pembuatnya mumpuni. Laik dikoleksi. Penggemar Aryton Senna, wajib punya model diecast ini. Selamat berburu.

 

Penulis : Didit
Foto : Tomi